Isi Kitab Ulangan Mengenai Perjanjian


musa

  1. Ulangan menyediakan bagi angkatan Israel yang baru (yang sebentar lagi akan masuk Kanaan) landasan dan motivasi yang diperlukan untuk mewarisi tanah yang dijanjikan dengan memusatkan perhatian kepada tabiat Allah dan perjanjian-Nya dengan Israel.
  2. Ulangan merupakan “Kitab Hukum Kedua” karena di dalamnya Musa, pemimpin Israel yang berusia 120 tahun, menyatakan kembali dan merangkum (dalam bentuk khotbah) sabda Tuhan yang terdapat di dalam keempat kitab sebelumnya.
  3. Ulangan merupakan “Kitab Kenangan.” Nasihat yang khas dari Ulangan ialah, “Ingatlah … dan Jangan Melupakan.” Daripada mengemukakan usaha untuk mencari “kebenaran baru,”
  4. Ulangan menasihati Israel untuk mempertahankan dan menaati kebenaran yang sudah dinyatakan Allah sebelumnya dalam Firman-Nya yang mutlak dan tidak berubah. Karena penekanan yang penting dalam kitab ini adalah Iman dan Ketaatan. Israel dipanggil untuk mempercayai Allah dengan segenap jiwa raga dan menaati perintah-perintahNya dengan tekun. Iman serta Ketaatan akan memungkinkan mereka mewarisi janji-janji berkat Allah yang penuh; ketiadaan Iman dan Ketaatan, pada pihak lain, akan mengakibatkan kegagalan dan hukuman bagi bangsa Israel itu sendiri..

Selain disebut sebagai kitab Pengulangan Perjanjian antara Allah dan bangsa Israel, kitab ini juga berisi tentang amanat perpisahan Musa dengann bangsa Israel yang didalamnya ia mengulas kembali dannmemperbaharui perjanjian Allah dengan Israel demi angkatan Israel yang baru. Mereka kini sudah mencapai akhir dari pengembaraan di padang gurun dan siap masuk ke Kanaan. Sebagian besar angkatan ini tidak mengingat Paskah yang pertama, penyeberangan Laut Merah, atau pemberian Hukum di Gunung Sinai.  Mereka memerlukan pengisahan kembali yang

bersemangat mengenai perjanjian, hukum Taurat, dan kesetiaan Allah, dan suatu pernyataan

baru mengenai berbagai berkat yang menyertai ketaatan dan kutuk yang menyertai ketidaktaatan. Berbeda dengan kitab Bilangan yang mencatat pengembaraan “angkatan keluaran” bangsa Israel yang suka memberontak selama 39 tahun, kitab Ulangan meliputi masa yang pendek

Tinggalkan komentar