MENTORING


MentorMentoring adalah : Pembimbing, Penasehat, Pengajar, Pelatih, dll.

Asal mula istilah mentoring berasal dari sebuah kisahyang berjudul  “The Odyssey” yang di tulis oleh Homer yang merupakan seorang Sastrawan Yunani. Ketika itu raja Odysseus, raja kerajaan Iticha bersiap untuk berperang dalam peperangan Trojan, dan ia menyadari dan bahwa ia akan meninggalkan satu-satunya ahli waris kerajaan yakni puteranya sendiri yang bernama Telemachus. Maka atas pergumulanya tersebut ia memutuskan untuk mempekerjakan seorang kerabat keluarganya yang dapat di percayaai untuk melatih, mengajari, membimbing anaknya Telemachus untuk dapat menjadi seorang pemimpin yang cakap dan handal seperti dirinya ketika menjadi raja kelak menggatikan dirinya dan orang yang menjadi pembimbing anaknya tersebut bernama MENTOR.

Di kemudian hari muncullah kata “Mentoring” yang pengertian dan fungsinya menjadi meluas, dan kata mentoringpun pada akhirnya menjadi sebuah kata yang banyak di pakai dalam dunia usaha atau bisnis (Marketplace) sebagai upaya yang di lakukan seseorang untuk membimbing orang lain (Protegel/Mentee = orang yang sedang di mentor) untuk memiliki kapasitas yang maksimal dalam potensi atau keahlian yang di milikinya.

Jadi menurut saya mentoring adalah suatu proses pemuridan yang terjadi antara seseorang yang sedang di mentor maupun yang yang sedang mementor dengan tujuan untuk memaksimalkan keduanya dalam suatu tujuan yang mulia, menghasilkan potensi baru bagi yang sedang di mentor maupun yang mementor.

Bersambung,…………………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: