Kitab Ulangan Pentatukh


musaLatar Belakang Kitab Ulangan

Kata “Ulangan” berarti “pernyataan ulang Hukum Allah.” Akan tetapi lebih dari itu. Kitab Hukum yang terinspirasikan ini juga merupakan penerapan hukum Allah bagi generasi kedua bangsa pilihan Allah. Kitab Ulangan juga mencatat khotbah besar yang Musa sampaikan kepada bangsa Israel sebelum mereka menyeberangi sungai Yordan dan menyerbu Kanaan. Kata

pembukaan Kitab ini membantu kita memahami tentang apaKitab Ulangan ini: “Inilah perkataan-perkataan yang diucapkan Musa kepada seluruh orang Israel di seberang sungai Yordan, di padang gurun, di Araba-Yordan … Empat  puluh tahun setelah mereka meninggalkan Gunung Horeb, berbicaralah Musa kepada orang Israel …” (Ul. 1:1, 3).

Dalam Ulangan kita membaca pengulangan dan penekanan kembali dari perjanjian yang dibuat antara Allah dan bangsa Israel di Sinai. Bentuk perjanjian dibuat sesuai dengan pola umum naskah perjanjian di daerah Asia Timur Dekat kuno yang terdiri dari latar belakang historis, daftar kewajiban, uraian mengenai berkat dan kutuk, serta pengaturan untuk menyimpan dan membaca dokumen perjanjian. Dalam Ulangan pola ini ditampilkan dalam bentuk tiga pesan Musa di depan bangsa Israel sebelum ia wafat untuk mengingatkan mereka apa artinya menjadi umat Allah.

Kitab Ulangan ditulis oleh Nabi Musa (Ul 31:9,24-26; bd. Bil 4:44-46; Bil 29:1) dan diwariskan kepada Bangsa Israel sebagai dokumen Perjanjian untuk dibacakan seluruhnya di hadapan seluruh bangsa setiap tujuh tahun sekali (Ul 31:10-13). Ada kemungkinan Musa  menyelesaikan penulisan Kitab Ulangan ini menjelang kematiannya sekitar tahun 1405 SM. Bahwa memang benar Musa yang menulis kitab Ulangan ini ditegaskan oleh :

  1. Pentateukh Samaria dan Yahudi, Para Penulis PL (Mis. Yos 1:7; 1Raj 2:3; 2Raj 14:6; Ezr 3:2;  Neh 1:8-9; Dan 9:11).
  2. Yesus (Mat 19:7-9; Yoh 5:45-47) dan Penulis PB yang lain  (mis. Kis 3:22-23; Rom 10:19).
  3. Para Cendekiawan Kristen zaman dahulu dan Cendekiawan konservatif masa kini, serta bukti di dalam kitab Ulangan sendiri (Mis. kesamaan susunan dengan     bentuk-bentuk Perjanjian yang ditulis pada abad ke-15 SM).
  4. Kisah kematian Musa (pasal 34; Ul 34:1-12) sudah pasti ditambahkan segera sesudah peristiwa itu terjadi (sangat mungkin oleh Yosua) sebagai  penghargaan yang layak bagi Musa, hamba sebagai hamba Tuhan.

Sebagai Dokumen Pembaharuan Perjanjian, Ulangan disusun sesuai dengan Perjanjian Yakni :

  1. Pengantar (Ul 1:1-5);
  2. Pendahuluan bertalian dengan Sejarah (Ul 1:6-4:43);
  3. Syarat-syarat utama (Ul 4:44-26:19);
  4. Berbagai kutukan dan berkat (Ul 27:1-30:20);
  5. Berbagai ketetapan mengenai kesinambungan Perjanjian itu (Ul 31:1-33:39).

Dengan segala kesungguhan yang dimilikinya, Musa mengulas kembali dan memperbaharui perjanjian Allah dengan Israel terutama melalui tiga amanat yang bersemangat yaitu :

  1. Amanat Musa yang pertama membahas kembali sejarah dan kegagalan Israel sejak Gunung Sinai serta menantang angkatan yang baru itu untuk takut akan Allah dan taat kepada-Nya (Ul1:6-4:43).
  2. Amanat Musa yang kedua mengulas dan menerapkan banyak hukum perjanjian berhubungan dengan soal-soal seperti melaksanakan Sabat, penyembahan, kaum miskin, hari raya tahunan, warisan, hak milik atas harta benda, kebejatan seks, perlakuan hamba-hamba, dan pelaksanaan kehakiman (Ul 4:44-26:19).
  3. Amanat Musa yang ketiga bernubuat tentang berkat dan kutukan yang akan menimpa Israel sesuai dengan ketaatan atau ketidaktaatan mereka (Ul 27:1-30:20). Pasal-pasal yang sisa termasuk pengangkatan Yosua oleh Musa sebagai penggantinya serta kesaksian mengenai wafatnya Musa (Ul 31:1-34:12).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: