Lemah Lembut Bukan Berarti Lemah


“Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.” (Matius 5:5).

Lemah lembut dalam Bahasa Indonesia artinya baik hati, suka menurut. Dalam bahasa Yunani kata yang diterjemahkan dengan lemah lembut adalah praus (dari kata praus dikenal pula kata praotes yang artinya kurang lebih sama). Kata itu sebenarnya memiliki makna lebih luas dibanding arti lemah lembut dalam bahasa Indonesia.

Ada 3 pengertian:

(1) praus biasanya dikenakan pada binatang (khususnya kuda) yang sudah jinak; tidak lagi mengikuti kemauannya sendiri tetapi sudah dapat menerima pengarahan dan kendali dari tuannya.

(2) kata praotes biasanya dipakai untuk menyebut sikap yang berada di tengah-tengah orgilotes (gampang dan suka marah) dan aorgesia (sama sekali tidak bisa marah). Jadi praotes sama dengan orang yang sabar (tidak suka marah, atau mengumbar amarahnya), tetapi dalam hal dan waktu tertentu dia bisa juga marah; tidak tinggal diam saja.

(3) kata praotes adalah lawan dari kata hupselokardia (tinggi hati), jadi bisa diartikan rendah hati; tidak sombong dengan kelebihannya, tetapi juga tidak minder dengan kekurangannya.

Dengan demikian seseorang dikatakan lemah lembut bila: (1) ia punya kehendak tetapi kehendaknya itu ia tundukkan di bawah kehendak Tuhan. Ada ajaran dari aliran keagamaan tertentu yang memandang kehendak sebagai sumber penderitaan, karenanya harus dimatikan. Berangkat dari arti praotes kehendak itu tidak dimatikan (dan memang sebetulnya tidak bisa kita mematikan kehendak), tetapi dikendalikan. Sehingga kita tidak diperbudak oleh kehendak). (2) ia bisa marah, tapi tidak lekas marah; bisa menguasai kemarahannya. (3) ia akan menghadapi orang-orang yang lebih tinggi tanpa rendah diri dan orang-orang yang lebih rendah tanpa menjadi tinggi hati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: