PANGGILAN MELAJANG ???


By : Jarot Wijanarko

TANYA:
Seringkalisaya tidak bisa dekat atau suka atau cinta dengan seseorang lebih dari seorangteman. Maksud saya jika ada tanda-tandabahwa teman saya itu mau lebih sekedar teman, mau memacari saya, maka saya akansegera menarik diri. Apa ini tanda-tandabahwa saya panggilannya seperti Paulus? (Saya belum pernah dikecewakan oleh seseorang dalam hal bercinta)

JAWAB:
Sayaharus tahu latar belakang anda secara lebih details. Hal itu bisa saja terjadi karena memangpanggilan seperti Paulus, selibat, tidak menikah, seperti Pastor atau Suster dalam Katolik.

Beberapaorang tidak mau menikah, karena trauma pernikahan. Orang tua selalu bertengkar, terjadi aniaya,pamannya bercerai, kakek nenek bercerai, pendetanya hal yang sama terjadi. Orang-orang lingkungan dekatnya penuh denganmasalah pernikahan, sehingga mempengaruhi konsepnya tentang pernikahan sebagaihal yang rumit dan menakutkan. Jika iniyang terjadi, ini bukan panggilan seperti Paulus, ini trauma. Lihatlah pasangan yang bahagia, supaya andaterinspirasi sari sisi yang positif.

Beberapaorang selalu menarik diri jika ada yang melangkah lebih jauh, karena adaproblem dengan gambar dirinya. Diamengenal dirinya memiliki kelemahan dan selalu dibanyang-bayangi ketakutan,apakah dia bisa membahagiakan pasangannya dengan kelemahannnya itu. Kelemahan ini bisa berupa cacat biologis,kekurangan ekonomi ataupun kelemahan berupa karakter dan kebiasaan yang tidakbaik. Dia dibayang-bayangi ketakutanapakah nanti dia tidak akan dicampakkan? Apakah benar-benar ada yang mau dengan dia jika mereka mengenal sayayang sebenarnya? Ini adalah tanda-tandaseseorang yang gambar diri atau citra dirinya perlu dipulihkan.

Jikaitu yang terjadi, baca buku atau VCD Seminar kami tentang Citra Diri. Secara singkat saya mau jelaskan, bahwa tidakada yang sempurna, semua orang bergerak ke arah kesempurnaan, tetapi semuaorang memiliki kekurangan, justru itulah yang membuat kita memerlukan oranglain. Lihatlah kenyataan yang lain,bahwa banyak orang lain yang jaaauuuuh lebih jelek dari anda dan merekamenikah, menemukan pasangan yang bisa menerima mereka.

Jikakita bisa menerima diri kita sendiri, kita juga akan diterima orang lain. Jikakita tidak bisa menerima diri kita sendiri, maka bagaimana mungkin kitaditerima oleh orang lain. Beberapa orang lainnya takut menikah karena pernahmengalami pelecehan sexual, pernah diperkosa atau melihat perkosaan.

Jikaanda lewat dari hal-hal diatas, tidak ada masalah trauma masa lalu, tidak adamasalah dengan gambar diri, tetapi seperti Paulus, karena cintanya akan TUHANYESUS, karena beban pelayanan, karena mau melayani TUHAN 100% tanpa adagangguan dari hal-hal pernikahan maka ada kemungkinan itu panggilan anda. Satu hal lagi yang harus meneguhkan, andamemang dipanggil melayani dan menjadi berkat dalam pelayanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: