Cara Yesus Melakukan Mentoring


Lanjutan Mentoring………………

MentoringDalam hal ini Tuhan Yesus pun mementor, yang di kenal dengan pemuridan, Tuhan Yesus berhasil mementor para murdi-muridnya aykni dengan cara mendidik para murid, melatih serta mengembangkan potensi yang ada pada murid-muridNya. Baik dalam hal jasmani maupun rohani mereka. Tujuan untuk membangkitkan dan membentuk para pemimpin dari murid-muridNya.

Ada 3 Metoda proses pementoran atau pemuridan yang Yesus lakukan terhadap murid-muridNya yakni :

a.      Teaching (Mengajar)

Dalam proses mentoring yang dilakukan Tuhan Yesus adalah menegajar para murid supaya mereka dapat memiliki persamaan pemahaman dan persamaan nilai-nilai kebenaran dalam diriNya berdasarkan Kerajaan Allah, sehingga nilai-nilai yang Yesus ajarkan dapat di terapkan oleh para murid-murid Yesus. Baca Proses pengajaran dan apa saja yang Yeseus ajarkan dan  yang Yesus lakukan bagi para murid (Mat.13:1-58; Luk. 12:1-12; Mat. 5:1-12; Luk. 11:1-13; Luk. 12:22-33; 12:35-48; 16:1-9)

b.      Coaching (Melatih)

Tuhan Yesus tidak hanya mengajar para muridnya tetapi Ia juga memeberikan pelatihan pada mereka tentang penginjilan, penyembuhan orang sakit, pengusiran setan, melakukan mujizat, dan lain sebagainya. Tujuan daripelatihan tersebut ialah supaya para murid bisa mengalami dan merasakan langsung hall-hal yang terjadi di area pelayanan yang Tuhan Yesus lakukan. Baca Proses Pelatihan yang Yesus lakukan bagi para murid (Mat. 9:18-24; Luk.8:1-3; Mat. 17:14-21; Mark.6:30-44; Mark. 10:46-52; Yoh. 9:1-7; Luk. 8:22-25)

c.       Fathering ( Membapai).

Tuhan Yesus juga tidak hanya mengajar maupun melatih para muridnya melain juga Ia membapai mereka semua. Ia sangat sabar terhadap prses pementoran yang di lalui bersama murid-muridnya. Banyak kali malahan Ia mengalami hal-hal yang tidak meng-enakkan dari  para muridnya, Ia harus mendapat penyangkalan dari Petrus, ketidak percayaan akan kebangkitanNya dari Thomas, serta kekecewaan dari para murid tatkala tidak ada satupun dari mereka semua yang membantu dan menyertaiNya saat mengalami penyaliban di bukit Golgota. Baca Proses Pembapaan yang Yesus lakukan bagi para murid ( Mark. 9:33-37; Yoh. 13:1-20; Luk. 22:31-34; )

(Sumber : Mentoring by Togi Simanjuntak)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: