Singkatan Mentor dan Uraian


Lanjutan Mentoring…….

mentorrKata MENTOR jikalau disingkat akan memiliki makna secara rohani yang berkaitan dengan kepemimpinan dalam sebuah proses mentoring dan pemuridan. Makna kata tersbut adalah :

M = Membapai.
Mengasihi dan mengayomi, menyayangi, haruslah bisa menerima para menteenya yang baik maupun yang jahat sekalipun. Dan seorang mentor juga haruslah mengasihi, mengayomi orang yang sedang di mentor dalam kasih Bapa surgawi.
E = Edukatif.
Pengetahuan yang luas, pandangan yang luas adalah sangat peting bagi seoarang mentor, karena seorang mentor harus bisa member solusi bagi para menteenya. Dan seorang mentor itu harus mengajar prinsip-prinsip kebenaran yang berdasarkan Firman Tuhan dan juga melatih para muridnya sehingga mereka memiliki kapasitas yang cakap sesuai dengan talenta yang Tuhan berikan pada mereka masing-masing.
N = Nasehat.
Memberi nasehat, membimbing, adalah salah satu poit penting bagi seorang mentor. Dan juag seorang mentor itu adalah harus bisa memberikan nasehat dan bimbingan kepada para muridnya sehingga hidup mereka dapat di bangun dan di kuatkan tatkala berada dalam masalah atau pergumulan hidup.
T = Teladan.
Point penti yang yang lain bagi seorang mentor adalah sebagai contoh teladan hidup bagi para menteenya. Dan juag seorang mentor yang sejati dan benar adalah harus menjadi contoh teladan bagi seseorang yang sedang di mentornya, alasannya adalah seoarang mentor adalah contoh hidup bagi menteenya dan juga kehidupan seorang mentor adalah juga bisa menginspirasi bagi mereka yang sedang di mentornya.
O = Orisinil.
Seorang mentor juga harus tampil apa adannya didepan para muridnya dan tidak menunjukan bermuka dua, sekalipun kita sebagai mentor banyak kelemahan kita biarkanlah mereka tahu apa adanya, dan biarkanlah mereka belajar juga dari kelemahan kita juga.
R = Relasional
Dalam hal ini seorang metor haruslah memiliki hubungan yang sangat erat dengan para menteenya, dan harus terus dikembangkan atau di bangun sebagai suatu proses pementoran maupun sebgai proses pemuridan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: